Migrasi website dari domain lama menuju domain baru biasanya adalah pekerjaan yang rumit dan mengesalkan. Apalagi setelah migrasi banyak link yang rusak contohnya adalah URL gambar yang rusak jadi gambar tidak muncul ketika sudah migrasi ke domain baru.

Gambar yang tidak bisa di akses biasanya terjadi karena link gambar masih mengarah domain lama dan belum berubah ke domain baru. Untuk memperbaiki masalah tersebut kita bisa melakukannya secara manual, tapi pasti akan membat kita lelah dan stress. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, kali ini mimin akan berbagi cara memperbaiki URL Link Gambar yang rusak dengan mudah melalui PHPMyAdmin.

Catatan Penting : Hal ini dilakukan hanya jika Anda migrasi dengan beda domain saja.

Cara Memperbaiki Link Gambar Rusak Setelah Migrasi

1. Silahkan masuk ke halaman Cpanel terlebih dahulu

2. Silahkan cari menu Database kemudian klik pada icon tool phpMyAdmin.

phpmyadmin-icon

3. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman baru. Silahkan teman-teman pilih database baru pada halaman phpMyAdmin. Cari database yang baru teman-teman tambahkan kemudian klik pada nama database tersebut yang berada pada sidebar sebelah kiri. Misal Database bernama _testdb.

select-database2-phpmyadmin

4. Kemudian silahkan teman-teman cari tabel yang bernama wp-posts dan klik tabel tersebut.

select-database3-wp-post

5. Klik SQL button yang ada pada menu bagian atas.

Setelah itu teman-teman akan melihat sebuah layar editor MySQL. Di daerah area kode, salin berikut dan pastekan pada layar SQL Editor.

UPDATE wp_posts SET post_content = (REPLACE (post_content, '', ''));

Setelah itu silahkan isi nama domain lama teman-teman pada tanda petik awal dan mengisi nama domain baru diantara tanda petik kedua. Misalnya, situs asli saya adalah revolutioner.web.id dan situs baru saya berganti menjadi blog.revolutioner.web.id sehingga kode akan menjadi seperti di bawah ini:

UPDATE wp_posts SET post_content = (REPLACE (post_content, 'revolutioner.web.id', 'blog.revolutioner.web.id'));

Setalah melakukan perubahan tersebut, silahkan teman-teman klik tombol “GO” yang ada pada bagian bawah. Dengan begitu link gambar yang masih mengarah ke domain lama akan terganti secara otomatis menuju domain baru.

Nah itulah cara memperbaiki URL link gambar yang rusak setelah melakukan migrasi dari domain lama menuju domain baru. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Terimakasih.