Halo guys, udah lama ya mimin gak posting, hehe ini karena koneksi internet di desa gak stabil, maklum “wong ndeso” ups sorry nanti mimin di laporin ke polisi lagi kaya kasus sebelah tuh. Oke kali ini mimin mau berbagi informasi mengenai cara mengubah URL Login pada WordPress.

Kira-kira kenapa sih url login pada wordpress perlu diganti? tentu satu alasan utamanya adalah demi menjaga keamanan website kita.  Halaman masuk WordPress memiliki dua jenis URL login yang diakhiri dengan “/wp-admin/” dan yang lainnya diakhiri dengan “/wp-login/”. Dan semua pengguna WordPress tentu mengetahui hal tersebut, dan ini berarti bagian tersebut memiliki keamanan yang berisiko tinggi.

WordPress tidak memiliki pilihan untuk pengguna untuk membuat URL Login milik mereka sendiri, namun, Anda dapat mengganti sendiri URL login WordPress tersebut dengan pilihan Anda dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Cara Mengubah URL Login WordPress

Untuk bisa mengubah URL Login WordPress sangat sederhana sederhana tanpa perlu kemampuan coding atau pemrograman, cukup menggunakan bantuan plugin, menariknya lagi semua plugin untuk mengubah URL login WordPress itu gratis alias FREE. Beberapa contoh plugin yang bisa digunakan adalah: Custom Login URL, WPS Hide Login dan masih banyak lagi.

Tutorial kali ini mimin akan kasih tau cara menggunakan plugin WPS Hide Login karena ini adalah plugin paling akurat dan juga paling sederhana yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat URL login khusus untuk situs WordPress teman-teman semua. Selain itu, plugin ini juga sering mendapatkan update dari pengembangnya. Dan berikut panduan lengkapnya.

Langkah pertama yang perlu teman-teman lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin WPS Hide Login.

Plugin-WPS-Hide-Login

Setelah plugin ter-install dan di aktifkan, langkah selanjutnya yang teman-teman harus lakukan adalah menuju ke pengaturan di menu Settings » General, kemudian scroll halaman tersebut sampai bawah dan temukan bagian “WPS Hide Login”, dibagian inilah teman-teman harus memasukkan URL Login Kustom Baru untuk halaman login situs WordPress.

Plugin-WPS-Hide-Login-Setting

Silahkan teman-teman ganti URL login sesuai dengan keinginan teman-teman pada kolom yang sudah tersedia, setelah URL login sudah ditentukan dan diisi silahkan  klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan. Nah sekarang URL login WordPress sudah berubah, Diharapkan teman-teman selalu mengingat URL login yang baru untuk masuk ke halaman admin situs WordPress teman-teman semua.

Nah itulah tutorial cara mengubah URL Login WordPress, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengamankan situs WordPress teman-teman semua.

Salam Suksess!!