Google Drive adalah media penyimpanan online milik google yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh para pengguna layanan google. Google Drive menawarkan tempat penyimpanan sebesar 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file. Kali ini saya ingin berbagi cara menjadikan Google Drive sebagai media penyimpanan situs wordpress milik kita. Dengan begitu kita bisa menghemat space hosting milik kita.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah folder di Google Drive yang dapat diakses oleh publik. Setelah folder terbuat langkah selanjutnya adalah teman-teman harus melakukan klik pada share icon dan pada layar klik Change link next to Private – Only you can access.

konfigurasi-changeaccess-google-drive

Nanti akan muncul sebuah popup, kemudian silahkan teman-teman memilih Public on the web dan klik tombol save (simpan).

create-linksharing-google-drive

Setelah hak akses di ubah, maka folder Google Drive kita sekarang dapat dilihat secara terbuka. Hal selanutnya yang perlu dilakukan adalah, Copy ID folder dari link to share, karena anda perlu ID ini nanti. Lihat gambar berikut :

create-sharing-setting-google-drive

Langkah selanjutnya adalah install plugin Google Drive untuk WordPress yang bisa teman-teman download di sini. Setelah teman-teman menginstall plugin tersebut, silahkan aktivasi dan lakukan konfigurasi dengan cara masuk ke menu Media »Google Drive Media Library.

Setelah teman-teman masuk ke halaman pengaturan plugin, silahkan teman-teman klik tab Mapping Folder dan pastekan ID folder yang sudah teman-teman copy tadi. Setelah itu jangan lupa klik tombol save  dan plugin akan mencoba untuk menemukan folder Google Drive.

konfigurasi-google-drive-mapping-folder

Nah sampai disini teman-teman sudah mulai bisa mengupload file-file ke dalam folder Googgle Drive yang sudah teman-teman buat tadi. Untuk memuat file yang berada di dalam Google Drive tadi ke dalam wordpress teman-teman cukup menuju menu Media »Media Library Google Drive kemudian klik pada menu tab Mapping file, lalu masukkan nama file yang ingin hubungkan.

filemapping-google-drive

Setelah kita menyimpan file ke dalam folder Google Drive kita, maka plugin akan mulai menampilkan file tersebut dalam Media Library WordPress milik kita. Kita juga bisa mengedit media, dan memasukkan file tersebut ke dalam posting WordPress  dan halaman. File masih akan disajikan dari jaringan pengiriman konten Google.

Itulah cara menjadikan Google Drive sebagai media penyimpanan WordPress milik kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan mengurangi beban biaya hosting teman-teman semua 🙂