Tips Mudik Lebaran – Halo semua, gak kerasa ya bentar lagi bulan puasa segera berakhir. Seperti biasa, pasti kalian pada mudik ke kampung halaman bukan? Yups, mudik merupakan salah satu tradisi yang ada di Indonesia, khususnya ketika hari raya lebaran tiba.

Kali ini Revolutioner Blog ingin berbagi tips mudik lebaran yang aman menggunakan sepeda motor nih. Sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit bagi para pemudik. Banyak sekali alasan yang menjadikan sepeda motor dijadikan transportasi ketika mudik, beberapa contoh alasan diantaranya karena, lebih santai, nyaman, lebih bebas dan tentunya menyenangkan, karena ketika kita capek atau melihat tempat menarik kita bisa berhenti.

Sebelum kita pergi mudik kekampung halaman menggunakan sepeda motor, saya ada sedikit tips buat temen-teman biar perjalanan mudik teman-teman semua lancar, aman dan menyenangkan. Yuk di simak!

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

1. Pastikan Sepeda Motor Dalam Kondisi Prima

Nah ini penting nih sob, sebelum kita mudik menggunakan sepeda motor, ada baiknya kita mengecek kondisi sepeda motor kita. Mulai dari mesin, ban-nya, kelengkapannya, kalau perlu diservice terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini perlu dilakukan guna menjaga keamanan perjalanan kita. Jangan sampai sepeda motor kita dalam kondisi buruk, karena dapat berakibat fatal ketika diperjalanan.

2. Persiapkan Bekal dan Barang Bawaan Secara Matang

Karena kita mudik menggunakan sepeda motor, ada baiknya kita benar-benar memikirkan barang bawaan apa saja yang perlu kita bawa. Jangan sampai membawa barang bawaan secara berlebihan. Perlu diingat ya, sepeda motor tidak memiliki tempat penyimpanan barang seperti mobil, Jadi harus benar-benar diperhatikan.

Selain itu kita juga harus menyiapkan bekal yang memadai. Bekal wajib yang perlu dibawa adalah air mineral dan makanan, air mineral dapat membantu tubuh kita tetap dalam kondisi prima. Jadi tidak akan kekurangan cairan saat di perjalanan.

3. Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Sehat

Ini juga poin penting sob, sebelum pergi mudik kita harus pastikan tubuh kita benar-benar dalam kondisi sehat. Jadi ketika mengendarai motor, kita benar-benar fokus. Gak enak banget khan kalau kita nyetir motor pas mudik dalam kondisi kurang sehat. Selain gak menyenangkan tentunya akan membahayakan diri kita dalam perjalanan.

4. Istirahat yang Cukup

Mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor itu lebih capek. Apa lagi kalau kampung halaman yang dituju jauh sekali. Jadi usahakan dalam perjalanan istirahatlah secukupnya, dan mohon beristirahatlah ditempat yang nyaman seperti di rest area. Jangan istirahat di pinggir jalan ya sob. APabila ngantuk segera menepi, jangan memaksakan diri untuk tetap mengendarai motor, karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Nah itulah sedikit tips mudik lebaran yang aman menggunakan sepeda motor dari saya. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya, dan semoga perjalanan mudik teman-teman semuanya lancar, menyenangkan, aman dan selamat sampai tujuan. Mudah-mudahan pula kita masih terus diberi kesempatan merasakan suasana ramadhan dan lebaran ditahun berikutnya.