Akhirnya Blogger Resmi Support SSL Untuk Custom Domain

SSL-HTTPS-di-Blogger-Custom-Domain

SSL-HTTPS-di-Blogger-Custom-Domain

Di akhir tahun 2017 lalu Blogger resmi mensupport SSL (HTTPS) untuk blog yang telah menggunakan custom domain. Mungkin sebagian orang yang belum tahu pasti akan jawab begini ” bukannya itu udah dari dulu ya?” iya memang betul tapi itu hanya untuk pemakai subdomain “blogspot.com”. Nah sekarang pemakaian ssl untuk blogger bukan hanya untuk subdomain tapi untuk custom domain juga (.com, .net, .org, dll).

Tapi sebetulnya kalau dibilang resmi, saya juga gak bisa membuktikan ini resmi atau tidak, pasalnya sampai dengan artikel ini terbit di halaman resmi milik blogger pun belum ada “announcement” atau pengumuman terkait hal ini. Tapi its okelah, karena sudah terlanjur infonya menyebar, mari kita bahas.

Untuk menggunakan SSL pada custom domain di platform blogger.com pun cukup mudah dan tidak terlalu banyak pengaturan ini itu. Anda tertarik menggunkan SSL (HTTP) untuk blog yang ada di blogger.com? baca ini!

Cara Memasang SSL (HTTPS) Pada Blogger yang Telah di Custom Domain

  • Silahkan akses halaman ini : https://draft.blogger.com
  • Setalah itu silahkan menuju menu “Setelan (Settings)” kemudian pilih submenu “Dasar (Basic)“. Setelah itu pada pengaturan bagian kanan “Ketersediaan HTTPS” silahkan pilih “Ya” kemudian simpan pengaturan.

Memasang-SSL-HTTPS-Pada-Blogger-Custom-Domain

  • Setelah pengaturan tersimpan, tunggu beberapa saat (sekitar 1 menit) kemudian “Refresh” halaman. Setelah itu kembali kepengaturan HTTPS, pada sub pengaturan “Pengalihan HTTPS” silahkan pilih “Ya”, lalu simpan pengaturan.

Memasang-SSL-HTTPS-Pada-Blogger-Custom-Domain-2

  • Sampai disini Anda telah selesai melakukan pemasangan SSL (HTTPS) pada blog blogger.com yang telah di Custom Domain. Maka ketika Anda mengakses halaman blog Anda maka otomatis URL blog Anda akan diakses menggunakan HTTPS.

Tips Setelah Pemasangan SSL (HTTPS) pada Blogger Custom Domain

Sedikit tips untuk Anda, apabila setelah Anda memasang SSL pada blog namun ketika diakses bar browser Anda tidak berwarna hijau atau malah ada tanda silang maka tidak perlu khawatir. Biasanya hal tersebut dikarenakan “Mixed Content”. Mixed Content ini biasanya ada beberapa source dalam blog Anda yang masih terakses menggunakan HTTP dan bukan HTTPS. Untuk mengatasinya silahkan cek kembali susunan HTML pada blog Anda dan pastikan semua url yang ada untuk diakses telah menggunakan HTTPS.

Perlu Diperhatikan

Setelah melakukan pemasangan SSL (HTTPS) pada blogger custom domain, Anda harus menambahkan kembali blog Anda yang telah dipasangi SSL ke webmaster tools. Tambahkan sitemap baru dan submit.

Nah itulah cara memasang SSL (HTTPS) di blogger custom domain, mudah bukan. Yup tentu dong, tidak serumit memasang SSL menggunakan cpanel ataupun menggunakan Cloudflare yang mengharuskan Anda melakukan pengaturan ini dan itu. Penggunaaan SSL ini memiliki banyak sekali keuntungan diantaranya, Blog Anda akan semakin cepat saat diakses dan blog yang telah menggunakan SSL memiliki nilai kepercayaan “Trust” yang semakin baik juga.

Semoga artikel inio bermanfaat dan happy blogging.

You May Also Like

Bayu Setiawan

About the Author: Bayu Setiawan

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

2 Comments

    1. Iya mas ahmad farhan hanya bisa diakses melalui link draft.blogger.com. Makanya itu di artikel saya sempat menyebutkan, bahwasanya ini bisa dikatakan belum resmi pasalnya belum ada informasi apa dari pihak google sebagai yang menaungi blogger. semoga kedepannya ada pernyataan secara resmi.

      Terimakasih sudah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.