Kabar terbaru Apple, baru-baru ini mereka baru saja merilis sebuah sistem operasi baru untuk dekstop Mac dan Macbook, macOS High Sierra namanya.

Apple mengklaim sistem operasi baru ini menghadirkan fitur terbaik mereka sebagai wujud peningkatan dari generai sebelumnya yaitu sistem operasi Sierra.

Beberapa fitur yang diklaim sebagai terbaik oleh Apple adalah teknolog penyimpanan terbaru video dan grafis yang mendukung inovasi masa depan dengan High-Efficiency Video Coding (HEVC) dan Metal 2. Pada sistem operasi High Sierra ini juga telah mendukung kontent berbasis Virtual Reality dan Machine Learning serta ada peningkatan pada aplikasi bawaan.

SVP Apple of Software Engineering, Craig Federighi mengatakan bahwa High Sierra dan hardware yang baru mereka rilis akan sangat membantu para developer untuk mengembangkan lebih jauh, mudah dan luas dalam mengembangkan kontent yang berbasis Virtual Reality.

Untuk informasi mengenai fitur-fitur terbasu dari MacOs High Sierra silahkan perhatikan dibawah ini :

APFS

APFS merupakan sebuah file system terbau yang telah mereka ujicoba sebelumnya pada iOS 10.3 dan pada akhirnya APFS menjadi standar terbaru dan wajib untuk MacOS High sierra. Dengan APFS Apple mengklaim akan ada peningkatan kecepatan, keamanan dan masa depan bagi media penyimpanan flash storage.

Peningkatan Aplikasi Bawaan

Pada sistem operasi yang baru ini juga Apple menjelaskan adanya peningkatan aplikasi bawaan. Aplikasi yang mengalami peningkatan yaitu Photo for Mac, Notes, Mail, Safaru Spotlight dan iCloud File Sharing.

Video Codec Baru dan Metal 2

Selanjutnya ada peningkatan standar video pada MacOs High Sierra. Apple menggunakan HEVC sebagai standar baru untuk fitur layanan streaming dan juga playback yang diklaim 40% lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain video Apple juga melakukan peningkatan pada Metal, yaitu sebuah API yang terhubung dengan GPU di dekstop Mac. Apple merilis Metal 2  yang merupakan sebuah dukungan untuk para pengembang yang lebih banyak bermain dengan akses kartu grafis saat membuat aplikasi atau games.

Pada Metal 2 ini apple juga telah mendukung teknologi Machine Learning, Speach Recognition dan Natural Language untuk membantu saat pemrosesan visual. Selain itu Apple juga mengenalkan sebuah perangkat keras yang diberi nama External Graphic Developer Kit untuk memberikan akses perangkat hardware dan software yang lebih maksimal dalam bentuk dukungan port eksternal via Thunderbolt 3.

Kapan MacOS High Sierra Rilis Public?

Untuk saat ini High Sierra sudah dapat dinikmati para developer yang terdaftar. Namun untuk publik baru bisa dinikmati pada akhir Juni mendatang.

Sumber : 
Kompas Tekno
MakeMac