Cara Aktifkan Fitur Split Screen di Android Nougat

Cara Aktifkan Fitur Split Screen Android Nougat

Bagi Anda pengguna smartphone Android dengan versi Nougat pastinya sudah tentu tahu kalau Android pada versi tersebut memiliki fitur unik yakni fitur split screen. 

Seperti namanya, dengan fitur split screen Anda bisa membagi layar smartphone Anda ketika sedang menjalankan dua apikasi sekaligus dalam waktu yang sama. Contohnya, Anda tetap bisa menjalankan aplikasi youtube pada bagian atas layar dan aplikasi chatting berada dibawah layar.

Android Nougat Split Screen
Android Nougat Split Screen

Menarik bukan, tapi sayangnya masih ada saja pengguna yang masih belum tahu cara mengaktifkan fitur keren tersebut. Untuk Anda yang masih belum tahu cara mengaktifkan fitur tersebut, bisa disimak caranya berikut ini.

Penting : Sebelum mengaktifkan fitur, perlu diketahui tak seluruh aplikasi akan kompatibel dengan modus split-screen. Karenanya, diperlukan penyesuaian agar aplikasi tersebut dapat berjalan mulus saat menjalankan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur keren ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah, mengaktifkan fungsi developer terlebih dahulu. Caranya silahkan membuka menu Settings >> Developer Options >> About this device. Kemudian ketuk Version number beberapa kali hingga muncul notifikasi yang menyatakan Anda telah masuk sebagai mode developer.

Setelah itu, kembali lagi ke menu Settings, lalu pilih Developer options. Kemudian cari kebawah ke bawah dan aktifkan menu Force activities to be resizable.

Dengan mengaktifkan menu Force activities to be resizable, maka aplikasi yang belum kompatibel dengan modus split screen akan bisa berjalan lancar. Setelah melakukan pengaturan diatas, jangan lupa restart smartphone Anda terlebih dulu.

Cara Aktifkan Fitur Split Screen

Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur split screen pada Android Nougat, Anda hanya butuh membuka dua aplikasi secara terpisah, setelah itu buka dan tahan tombol task manager (recent apps). Dengan begitu kedua aplikasi yang Anda buka secara terpisah tadi secara otomatis akan ditampilkan dalam modus split screen.

Atau bisa juga dengan cara menahan dan menggeser aplikasi yang ingin dibuka, melalui tombol Recent Apps. Kemudian silahkan geser aplikasi-aplikasi yang ingin Anda tampilkan dalam mode split screen itu ke bagian atas dan bawah layar. Setelahnya, aplikasi otomatis akan berada di setengah bagian atas layar dan pilih aplikasi lain yang akan diletakkan di bagian bawah layar.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur split screen di Android Nougat dan cara menggunakannya. Semoga Membantu Anda!

You May Also Like

Bayu Setiawan

About the Author: Bayu Setiawan

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.