Hubungi Saya Paid Review & Content Placement Find out More

Apa Itu Paypal dan Bagaimana Cara Membuat Akun Paypal?

Apa Itu Paypal dan Cara Membuat Akun Paypal

Apa itu Paypal? dan bagaimana cara membuatnya? buat sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang apa itu Paypal. Paypal merupakan salah satu metode pembayaran online yang mempermudah Anda melakukan pembayaran atau pembelian di sebuah toko online bahkan yang tokonya berbasis di luar negeri.

Apa Itu Paypal?

Menurut Wikipedia :

PayPal adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain.

Paypal merupakan satu dari sekian banyak media pembayaran online yang populer. Hampir disemua situs jual beli sampai toko online yang ada dunia telah mendukung metode pembayaran menggunakan Paypal. Paypal adalah rekening virtual, sangat berbeda dengan rekening bank lokal. Kalau rekening bank lokal menggunakan angka sebagai alamat penerima pembayaran, maka paypal cukup menggunakan email yang telah terdaftar pada Paypal untuk menerima pembayaran.

Paypal ini sangat populer, terutama dikalangan penggiat dunia online seperti Blogger, Internet marketer sampai Freelancer yang bekerja secara full time di Internet. Perlu diketahui, Paypal bisa digunakan secara luas dalam artian bisa untuk membeli apapun, seperti produk fisik hingga nonfisik.

Keuntungan Menggunakan Paypal

Paypal memiliki banyak keuntungan, baik untuk penjual maupun untuk pembeli. Contoh keuntungan bagi pembeli adalah,  Pihak pembeli bisa melakukan komplain atau aduan kepada pihak Paypal dalam kurun waktu 45 hari apabila barang yang sudah dibeli belum diterima hingga waktu yang telah ditentukan. Bukan hanya itu, apabila barang yang diterima tidak sesuai pemebeli pun bisa melakukan komplain juga.

Apabila pembelimerasa tidak puas dan dapat membuktikan bahwa si penjual telah melakukan penipuan maka pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (refund) dari perusahaan kartu kreditnya.

Bukan hanya pembeli yang mendapatkan keuntungan, penjual pun akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Paypal sebagai alat penerima pembayaran. Penjual yang menggunakan paypal dilindungi oleh kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual yang memang dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu yang dibuat oleh pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi.

Jadi seluruh transaksi yang menggunakan Paypal sebagai metode pembayarannya pasti ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun Paypal, baik penjual maupun pembeli. Nah catatan atau history inilah yang dijadikan acuan kebijakan tersebut.

Cara Membuat Akun Paypal

Setelah kita mengetahui Apa Itu Paypal? kita akan ke step selanjutnya adalah cara membuat akun paypal. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka situs resmi paypal di www.paypal.com, setelah terbuka Anda akan melihat pada bagian kanan atas ada dua tombol yaitu Log in dan Sign Up. Silahkan pilih Sign Up untuk melakukan pendaftaran akun Paypal.

Halaman Depan Situs Paypal

Halaman Depan Situs Paypal

2. Setelah itu silahkan pilih jenis akun paypal Anda, Pilihan “Buy with Paypal” adalah untuk akun paypal jenis personal atau pribadi. Sementara pilihan akun paypal “Receive payments with Paypal” adalah jenis akun bisnis yang biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Dalam artikel ini saya mencontohkan pembuatan akun personal maka silahkan pilih opsi yang pertama yaitu ” Buy with Paypal” kemudian klik “Get Started”.

3. Setelah itu isilah form pendaftaran dengan informasi Email Anda dan password yang Anda inginkan pada form yang tersedia, kemudian klik tombol “continue” untuk melanjutkan.

form pendaftaran paypal

form pendaftaran paypal

4. Isi form informasi diri Anda sesuai data yang benar. Perlu diperhatikan, kebenaran informasi yang Anda masukkan itu sangat penting. Karena apabila ada masalah dikemudian hari pada akun paypal Anda, maka akun Anda masih bisa diselamatkan. Oleh karenanya isi dengan benar, seperti, Nama lengkap, Alamat Lengkap, Nomor Telp, Nomor Identitas (KTP) hingga nomor telepon. Setalah terisi semua silahkan klik ” Agree and Create Account”

5. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang menyarankan Anda menambahkan kartu kredit. Ini bersifat opsional, jadi apabila Anda tidak ingin melakukannya silahkan klik “I’ll Do Later”.

6. Pada halaman selanjutnya silahkan klik “Go To Your Account” dan Anda akan di bawa ke halaman dashboard akun Paypal Anda.

7. Pada halaman dashboard Anda silahkan klik ” Confirm Your Email Adress”

8. Buka Email Anda dan cek apakah ada email dari Paypal, jika ada silahkan buka email tersebut dan klik “Confirm Email Adress”

9. Setelah mengklik tombol “Confirm Email Adress” Anda akan dibawa kehalaman konfirmasi Paypal, silahkan isikan password akun paypal Anda kemudian klik lagi tombol “Confirm Email Adress”. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman dashboard akun paypal Anda.

10. Sampai disini proses pembuatan akun paypal telah berhasil. Selamat!!

Nah untuk teman-teman yang telah memiliki akun paypal dan ingin melakukan verifikasi namun tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan kartu Jenius dai bank BTPN.

Baca artikelnya disini : Cara Verifikasi AKun Paypal Menggunakan Kartu Jenius.

Demikianlah sedikit penjelasan apa itu Paypal dan cara membuat akun Paypal. Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu.

 

Leave a Reply