Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress Selfhosting Dengan Mudah

Untuk membuat blog itu bisa dibilang sangat mudah, apalagi informasi tentang panduan membuat blog itu banyak bertebaran di internet. Meskipun demikian, masih ada saja orang yang bertanya bagaimana cara membuat blog. Jadi pertanyaannya adalah, informasinya yang tidak ada atau orangnya yang memang malas membaca J

Untuk membuat blog, ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan, contohnya adalah Blogger dan WordPress. Tapi kalau Anda tanya platform mana yang lebih mudah dalam hal penanganan dan hasil mana yang lebih keren, maka saya akan jawab “Wordpress”. Dengan menggunakan WordPress Anda bisa membuat blog yang lebih professional dan menarik.

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat blog menggunakan wordpress sefhosted, mari kita bahas dulu apa sebenarnya keuntungan membuat dan memiliki blog. Yuk kita bahas!

Inilah Keuntungan Memiliki Blog

Memiliki sebuah blog bukan hanya  sebagai media untuk menuliskan cerita pribadi, membagikan pengalaman atau berbagi cerita dari hobi yang Anda miliki, tapi lebih dari itu. Dengan memiliki sebuah Blog, Anda bisa meningkatkan kemampuan menulis, menguasai tehnik SEO, hingga menguasai tehnik pemasaran secara digital yang pada akhirnya bisa Anda jadikan sebagai media untuk memulai bisnis yang benar-benar menjanjikan dan menghasilkan pendapatan yang fantastis hanya dari sebuah blog.

Tidak bisa dipungkiri, uang adalah salah satu motivasi utama untuk sebagian besar para blogger, terutama untuk blogger yang baru terjun di dunia blogging. Untuk mengasilkan uang dari blog, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, contohnya adalah:

  • Anda bisa mengikuti program iklan Google Adsense
  • Menjual berbagai produk digital ataupun produk fisik. Bahkan menggunakan WordPress selfhosting Anda bisa membuat toko online dengan sangat mudah.
  • Menjadi seorang affiliate marketing yang mendapatkan keuntungan dari mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui blog yang Anda miliki.
  • Menyediakan berbagai layanan atau jasa menggunakan blog Anda seperti jasa pembuatan blog, jasa SEO, jasa penulisan artikel, jasa review produk dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa Anda lakukan.

Itulah beberapa contoh sumber yang bisa Anda jadikan sebagai ladang untuk mengasilkan uang dari blog. Silahkan Anda tentukan cara mana yang paling cocok dan sesuai untuk diri Anda, sehingga Anda bisa menjalani prosesnya dengan nyaman. Untuk sampai pada tahap memiliki blog yang menghasilkan, Anda perlu memiliki sebuah tekad dan kesabaran yang ekstra.

Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress Selfhosting

Untuk membuat blog menggunakan wordpress self hosting hal pertama yang harus Anda miliki Adalah sebuah hosting dan tentunya nama domain. Untuk memiliki sebuah hosting dan domain, Anda bisa membeli di penyedia hosting yang banyak bertebaran di internet. Tapi sebelum Anda membeli pastikan dahulu kualitas hosting yang akan Anda beli. Untuk mengetahui apakah hosting Anda berkualitas atau tidak silahkan baca ini : 7 Trik Memilih Web Hosting Tepat

Memilih hosting yang bekualitas adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan jika Anda ingin blog Anda cepat saat diakses pengguna. Sehingga pengunjung blog Anda tidak meninggalkan blog karena kesulitan saat mengakses blog Anda. Oke, kita masuk ke langkah-langkah membuat blog wordpress selfhosting.

Pada tutorial ini saya asumsikan Anda sudah memiliki hosting dan domain, silahkan ikut langkah-langkah ini.

  • Silahkan lakukan instalasi wordpress di hosting Anda dengan cara masuk ke akun cpanel Anda.

cara-membuat-blog-login-cpanel

  • Setelah Anda berhasil login, silahkan untuk klik menu “Softaculous Apps Installer” yang ada pada cpanel Anda.

cara-membuat-blog-instal-wordpress

  • Setalah itu Anda akan melihat berbagai pilihan script yang akan Anda install, silahkan pilih WordPress.

cara-membuat-blog-instal-wordpress_2

  • Setelah itu klik tomboll “Install”
  • Setelah itu silahkan isi rincian instalasi, seperti pilih nama domain yang akan Anda gunakan untuk meng-install WordPress dan directory.

cara-membuat-blog-instal-wordpress_3

  • Kemudian pada bagian “Site Settings”, Anda bisa mengisi dengan informasi nama blog, dan deskripsi blog.

cara-membuat-blog-instal-wordpress_4

  • Pada bagian “Admin Account” silahkan Anda isi dengan username, kata sandi (password) yang ingin Anda gunakan dan email ( cara membuat email ). Disarankan membuat password yang kuat dan mudah untuk diingat.

cara-membuat-blog-instal-wordpress_5

  • Jika semua kolom informasi yang dibutuhkan telah terisi, silahkan Anda klik tombol “Install”.Dan tunggu hingga proses instalasi selesai, hingga ada notifikasi seperti gambar dibawah ini.
  • Sampai dengan tahap ini, Anda telah berhasil membuat blog menggunakan wordpress selfhosting dan blog Anda siap digunakan.
  • Untuk masuk kehalaman admin wordpress Anda bisa mengkasesnya dengan format url seperti ini : http://namadomainkamu.com/wp-admin. Kemudian silahkan login menggunakan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya saat instalasi.

cara-membuat-blog-instal-wordpress_6

Setelah blog berhasil dibuat, Anda bisa memulai menulis artikel sesuai kebutuhan dan topik yang Anda kuasai. Sangat disarankan, tulislah artikel yang Anda kuasai sehingga isinya-pun jauh lebih menarik dan informatif. Menulis hal yang Anda tidak kuasai pun sebetulnya tidak apa-apa, tapi biasanya hasilnya tidak akan maksimal. Tapi kalau Anda mampu silahkan lakukan.

Anda juga bisa menginstall plugin-plugin untuk membantu meningkatkan performa blog Anda. Seperti plugin Seo by Yoast untuk mengatur SEO onpage blog Anda, WP Rocket untuk membantu mempercepat loading blog Anda dan masih banyak sekali plugin yang sangat berguna. Sedikit tips dari saya, apabila Anda ingin blog Anda ramai pengunjung, tulislah informasi yang dibutuhkan pengujung, buatlah artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Dengan begitu blog Anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak dan tentunya sesuai target.

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

Leave a reply:

Your email address will not be published.