Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail)

Cara-Membuat-Email-Baru

Cara-Membuat-Email-Baru

Cara Membuat Email – Untuk membuat email sebenarnya bukanlah hal yang sulit ya, mengingat saat ini berbagai informasi tentang cara membuatnya pun bisa didapatkan dengan mudah. Tapi walaupun demikian, masih ada saja yang belum mengerti bagaimana cara membuat email. Padahal sekarang ini email merupakan hal penting yang harus dimiliki, terutama buat Anda yang bekerja di perusahaan yang melek teknologi.

Memang apa sih pentingnya email? email itu salah satu alat komunikasi elektronik yang menggunakan perantara jaringan internet. Email memiliki banyak kegunaan, yakni sebagai media komunikasi dan juga bisa dijadikan sebagai identitas seseorang. Selain itu, jika Anda memiliki akun media sosial juga pasti membutuhkan email, atau ketika Anda ingin berbelanja online pun pasti Anda akan dimintai email untuk Anda bisa menerima informasi terkait belanjaan Anda.

Untuk membuat email, Anda tidak perlu membayar, Anda bisa membuatnya secara cuma-cuma alias gratis. Nah beberapa layanan email yang bisa Anda gunakan secara gratis diantaranya yakni Gmail dan Yahoomail. Untuk cara membuat email di kedua layanan tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Membuat / Mendaftar Gmail

Gmail (Google Mail) adalah satu dari sekian banyak layanan email gratis yang sangat populer. Mungkin hampir diseluruh dunia orang memiliki email di layanan milik Google ini. Oke untuk membuat email dilayanan ini silahkan ikuti langkah-langkah untuk daftar gmail dibawah ini :

Cara Membuat Gmail Baru
Cara Membuat Gmail Baru

1. Buka situs resmi Gmail di https://www.google.com/intl/in/gmail/about/

2. Klik tombol “create account / buat akun” yang biasanya berada dikanan sebelah atas.

3. Setelah itu Anda akan dibawa kehalaman baru yang mengharuskan Anda untuk mengisi data-data sesuai diri Anda.

  • Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
    (misalnya: [email protected])
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  • Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isi dengan tahun, bulan, dan tanggal kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Alamat email saat ini: biarkan saja kosong
  • Lokasi: pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal, misalnya Indonesia
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol “Langkah berikutnya

Cara Membuat Gmail-2

4. Setelah terisi semua form yang ada, Anda bisa meanjutkan dengan meng-klik tombol “next step” kemudian Anda akan melihat sebuah popup yang berisi persetujuan penggunaan. Scroll menggunakan mouse Anda hingga kebawah kemudian klik “I Agree”

Cara Membuat Gmail-3

5. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman baru, sebut saja halaman “Selamat Datang” karena pada haamn tersebut ada tulisan “Welcome”. Silahkan untuk melanjutkan Anda klik “Continue To Gmail”

Cara Membuat Gmail-4

Informasi Tambahan : sampai tahap ke 5 ini biasanya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi no telepon pribadi. Hal ini terjadi biasanya karena Komputer ataupun jaringan Anda sebelumnya pernah digunakan untuk mendaftar gmail. Tapi kalau sebelumnya belum pernah digunakan sama sekali untuk membuat email baru, maka tidak akan ada verifikasi nomor telepon.

6. Ketika Anda sudah klik tombol “Continue to Gmail” sebetulnya sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat email baru atau berhasil melakukan daftar Gmail baru. Anda sudah bisa memulai menggunakan untuk menerima dan mengirim email.

Cara Membuat Gmail-5

Demikianlah artikel tentang cara membuat email baru di Gmail, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda serta menambah wawasan kita semua.

You May Also Like

Bayu Setiawan

About the Author: Bayu Setiawan

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.