Artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools atau lebih sering disingkat menjadi (GWT).

Mungkin untuk sebagian orang yang belum mengetahui tentang hal ini akan bertanya-tanya, untuk apa kita harus mendaftarkan situs kita ke Google Webmaster Tools? Dengan mendaftarkan website kita ke GWT, maka hal tersebut dapat membantu meningkatkan SEO website kita. Dengan mendaftarkan ke GWT juga kita bisa mnambahkan sitemap website kita dengan begitu proses pengindex’an situs kita jadi lebih cepat.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mendaftarkan website kita ke Google Webmaster Tools? nah beriktu adalah tutorialnya.

Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools

1. Pastikan teman-teman sudah memiliki akun Gmail, untuk masuk ke Google Webmaster Tools. Jika belum punya silahkan membuat akun gmail terlebih dahulu.

2. Jika sudah memiliki akun Gmail, silahkan  teman-teman menuju situs Google Webmaster tools.

3. Setelah itu, silahkan teman-teman log-in ke GWT, dan teman – teman akan dibawa ke halaman seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Kemudian klik add site atau tambahkan properti dan masukkan URL blog teman-teman.

Halaman Google Webmaster Tools

Halaman Google Webmaster Tools

4. Setelah itu teman-teman akan di bawa ke halaman verifikasi, di halaman verifikasi, teman-teman akan di perintahkan untuk melakukan verifikasi blog menggunakan 2 Metode, yaitu Recommended Method dan Alternate Method.

google-webmaster-tools1

Keterangan : Jika teman-teman memilih menggunakan Recommended Method teman-teman harus mendownload berupa file html di nomor 1, kemudian teman-teman harus upload file tersebut ke folder root website Anda melalui FTP atau Anda upload melalui file manager di cPanel hosting yang teman-teman gunakan, setelah upload selesai silahkan klik tombol Verifiy.

halaman-google-webmaster-tools2

Keterangan : Jika teman-teman memilih verifikasi menggunakan Alternate methods akan terdapat 4 pilihan, Apabila teman-teman menggunakan CMS WordPress atau Blogger teman-teman harus menggunakan metode yang ini dan memilih HTML Tag.

Untuk memasukkan kode verifikasi tersebut ke blog WordPress, teman-teman bisa memilih salah satu cara dibawah ini, pilih saja mana yang lebih mudah.

  • Apabila teman-teman menggunakan WordPress.com (WordPress versi gratis) teman-teman bisa copy kode tersebut dan masukkan ke menu Tools dan masukkan di kolom Webmaster Tools Google dan setelah itu aktifkan.
  • Apabila teman-teman menggunakan Blogger.com, teman-teman bisa copy code tersebut kemudian masuk ke dashboard akun blogger teman-teman lalu klik menu Template » Edit HTML dan pastekan code verifikasi dibawah tag <head>  setelah itu simpan kemudian kembali ke halaman GWT dan klik verifikasi.
  • Kemudian apabila WordPress Self Hosted, silahakan teman-teman copy code HTML tag dan masuk ke dashboard WordPress, kemudian pilih menu Appearance » Editor dan cari file header.php dan pastekan code tersebut di bawah  tag <head> dan setelah itu klik tombol “update file” dan lakukan verifikasi dengan menekan tombol verifikasi di GWT.
  • Apabila WordPress self hosted teman-teman dan menggunakan plugin All in One SEO teman-teman bisa masukkan kode verifikasi tersebut ke setingan All in One SEO di menu All in One SEO dan cari “Webmaster Verification” masukkan pada kolom “Google Webmaster Tools”, setelah itu klik “Save Settings” lalu kembali ke halaman Webmaster Tools untuk melakukan verifikasi. (NOTE : Cukup Anda masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“/>)
  • Terakhir, apabila WordPRess selfhosted teman-teman menggunakan Plugin SEO by Yoast silahkan pastekan kode verifikasi tersebut pada bagian pengaturan di menu SEO » General » Webmaster Tools dan pastekan kodenya pada kolom “Google Search Console” jangan lupa klik “Save Settings” dan kembali ke Webmaster Tools dan lakukan verifikasi. (NOTE : Cukup masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“/>)

Apabila proses verifikasi telah berhasil maka teman-teman akan melihat tanda centang hijau, langkah selanjutnya adalah menambahkan sitemap.xml website atau blog teman-teman dengan cara masuk ke menu Crawl yang ada di halaman GWT dan klik tombol ADD/TEST SITEMAP ( TAMBAHKAN PETA SITUS/UJI), setelah itu masukkan url sitemap.xml seperti gambar dibawah ini.

sitemap-google-webmaster-tools

Itulah tutorial cara mendaftarkan webisite ke Google Webmaster Tools, silahkan teman-teman coba ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu lagi dipostingan selanjutnya.

Salam.