Cara Mengatasi 403 Forbidden Error di WordPress

Sudah lama rasanya tidak update di blog ini, hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan di dunia nyata yang tidak bisa saya tinggalkan. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai cara mengatasi 403 Forbidden Error pada WordPress.

Kejadian ini saya alami saat saya selesai migrasi dari shared hosting ke VPS (Virtual Private Server). Jadi setelah semua proses migrasi selesai dan semua settingan telah cocok, lalu saya mencoba mengakses blog saya dan yang terjadi adalah semua gambar artikel tidak muncul. Ketika saya coba akses url gambar yang ada pada salah satu artikel malah saya mendapatkan pesan error yakni “403 Forbidden Access“.

atau lebih sering pesan error yang muncul seperti ini :

Forbidden: You don’t have permission to access [directory] on this server

HTTP Error 403 – Forbidden

403 forbidden request forbidden by administrative rules

403 Forbidden

Access Denied You don’t have permission to access

Dalam kasus ini ada dua kemungkinan penyebab yang menimbulkan masalah ini, pertama permission file/directory yang kita akses tidak mengijinkan atau kemungkinan kedua adalah kesalahan pada file .htaccess.

Saat mencoba mengatasi dengan kemungkinan pertama, yakni saya mencoba mengubah permision file/directory agar bisa diakses secara publik, dari yang permissions filenya 644 saya ubah ke 755.

Lalu saya mencoba mengakses kembali blog saya namun tidak terjadi perubahan apapun.

Lalu saya mencoba mengatasi dengan kemungkinan kedua yakni memperbaiki file .htaccess blog saya. Caranya yakni cukup hapus file .htaccess yang ada kemudian generate ulang file .htaccess nya dengan cara masuk ke dashboard blog WordPress, kemudian pergi ke menu Pengaturan >> Permalink >> lalu klik Save atau Simpan.

wordpress-permalinks-save-changes
Cara Mengatasi 403 Forbidden Error

Setelah saya mengenerate ulang file .htaccess – nya, permasalahan yang saya alami selesai. Nah kira-kira seperti itulah cara mengatasi 403 forbidden error pada wordpress. Semoga bermanfaat dan happy blogging 🙂

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

Leave a reply:

Your email address will not be published.