Cara Mengatasi Google Play Store Error di Android

Kamu pengguna Android? pasti pernah mengalami situasi ketika aplikasi Google Play Store error. Apabila sudah error biasanya kita tidak bisa mendownload aplikasi atau bahkan bisa mendownload namun selalu gagal. Situasi error pada google play store sangat beragam, misalnya “Google Play Retrieving Information From Server”, “Google Play Error 491”, “Google Play Error RPC”, atau “Google Play Error No Connection”. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Jika ya, berikut adalah cara-cara mengatasi error pada Google Play Store.

Cara Mengatasi Play Store Error di Android

  • Pastikan Tanggal dan Waktu Sudah Sesuai

Aplikasi Play Store selalu memastikan tanggal dan waktu Anda itu sesuai sebelum aplikasi dijalankan. Apabila waktu dan tanggal tidak sesuai Play Store pasti akan bermasalah. Untuk mengatasi masalah Google Play Store error yang pertama adalah dengan menyesuaikan waktu dan tanggal di smartphone Anda. Anda dapat memilih format pendeteksian waktu dan tanggal secara otomatis. Namun, jika Google Play Store masih tetap error, cobalah mengatur tanggal dan waktu di smartphone Anda secara manual.

  • Pastikan Koneksi Internet Berjalan Lancar

Koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab dari aplikasi Google Play Store error. Terlihat sepele memang, tapi kenyetaannya memang seperti itu. HApabila memang koneksi internet provider Anda jelek cobal beralih ke jaringan WiFi ke data seluler atau sebaliknya.

  • Perbarui Versi Play Store

Cara mengatasi play store error di Android juga bisa dengan memperbarui versi dari play store yang ada pada smartphone Anda. Silahkan cek versi aplikasi play store Anda dengan cara buka Play Store > Menu > Setting dan  silah kan cari menu Versi Play Store kemudian tap. Apabila setelah di tap muncul notifikasi yang menghendaki Anda untuk perbaruan silahkan perbaruan. Mudah-mudahan dengan perbarui play store ke versi terbaru masalah Anda bisa terpecahkan.

  • Pastikan Google Play Service Anda adalah Versi Terbaru

Selain aplikasi Google Play Store yang harus dipastikan versi nya, Anda juga harus memastikan bahwa Google Play Service Anda dalam keadaan versi yang paling baru. Supaya tidak terjadi error lagi.

  • Hindari Penggunaan VPN

Cara terakhir untuk mengatasi Google Play Store error pada Android yakni dengan cara menonaktifkan pemakaian VPN apabila Anda mengalami error ketika menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN, Anda mungkin akan menemukan berbagai aplikasi menarik di luar lokasi geografis Anda. Bahkan Anda dapat meng-install aplikasi Play Store yang ada di negara lain. Namun, penggunaan VPN dapat menimbulkan masalah pada Google Play Store di wilayah Anda tinggal saat ini.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi Google Play Store Error di Android, cukup mudah bukan? ingat sebagai pengguna smartphone ( Ponsel Pintar ) hendaknya kita juga terus mengupgrade pengetahuan kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya.

Hatur Nuhun.

Leave a Reply