Cara Optimasi Gambar di WordPress Dengan Plugin Lazy Load

Kenapa harus menggunakan plugin Lazy Load? dan apa kegunaannya? Dengan menggunakan plugin lazy load di blog WordPress kita maka akan memberikan dampak yang cukup besar ketika website/blog kita diakses. Plugin Lazy Load akan sangat diperlukan ketika kita memiliki situs yang sudah punya banyak sekali konten. Dengan menggunakan Lazy Load, situs akan menjadi lebih cepat ketika diakses. Sudah banyak situs besar yang menggunakan hal seperti ini terutama situs-situs yang memiliki banyak konten gambar.

PENTINGKAH MENGGUNAKAN LAZY LOAD?

Perlu teman-teman ketahui bahwa pengunjung itu sangat tidak suka dengan web/blog yang lamban saat diakses. Bahkan menurut Google, halaman web yang lamban saat diakses dapat menyebabkan kehilangan konversi sebesar 7%, 11% lebih sedikit tampilan halaman, dan penurunan kepuasan pelanggan sebesar 16%.

Nah salah satu penyebab situs menjadi lambat saat di akses adalah gambar, karena untuk memuat gambar membutuhkan banyak waktu dibandingkan dengan jenis konten lainnya. Nah kalau-teman-teman ingin menambahkan banyak gambar ke artikel, maka setiap gambar yang dimuat akan menambah waktu buka halaman suatu situs.

Untuk mempertahankan kecepatan situs agar tetap cepat ketika situs tersebut memiliki banyak konten gambar, hal yang harus dilakukan adalah mengoptimasi gambar tersebut supaya bisa dimuat lebih cepat. Yang dimaksud meng optimasi gambar adalah seperti melakukan kompresi ukuran gambar sebelum mengupload atau menggunakan layanan CDN seperti cloudflare atau photon milik jetpack.

Baca JugaTips Mudah Mempercepat Loading Website Blog WordPress

CARA KERJA LAZY LOAD

Lalu bagaimana sih cara kerja dari Lazy load yang katanya bisa mempercepat loading suatu situs? Lazy Load bekerja dengan hanya memuat gambar pada bagian halaman yang ditampilkan pada layar browser, nah untuk gambar-gambar lain seperti yang berada dibagian bawah hanya akan  muncul ketika kita  melakukan scroll dan menemui posisi halaman yang ada gambarnya. Dengan begitu loading website akan jauh lebih cepat dan ringan.

CARA MEMASANG LAZY LOAD PADA WORDPRESS

Untuk bisa menggunakan lazy load pada blog atau situs berbasis WordPress itu cukup mudah. Teman-teman hanya perlu menginstall dan mengaktifkan plugin bernama BJ Lazy Load. Setelah plugin di install dan aktifkan, kita perlu melakukan sedikit konfigurasi plugin yang bisa teman-teman lakukan dengan menuju menu Settings » BJ Lazy Load. Plugin  BJ Lazy Load ini memiliki konfigurasu yang sangat sederhana, jadi cukup mudah untuk pemula sekalipun. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

settings-plugin-bj-lazy-load

Apabila konfigurasi pluginnya telah selesai dilakukan, jangan lupa untuk klik tombol save changes untuk menyimpan pengaturan kita tadi. Untuk melihat hasilnya, cobalah akses situs kita tadi, pasti akan jauh lebih cepat jika dibandingkan sebelum menggunakan plugin lazy load.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu lazy load, seberapa pentingnya lazy load dan cara menggunakan lazy load pada situs WordPress. Semoga bermanfaat dan happy blogging.

Leave a Reply