Halo teman-teman semua, kali ini saya ingin berbagai tutorial cara redirect http ke https pada WordPress. Sebelumnya kita lanjut, pasti temen-teman banya yang bertanya-tanya, emang harus ya diredirect he https atau apa sih untungnya kalau situs WordPress kita diredirect ke https?

Perlu temen-teman ketahui, Google sebagai mesin pencari terbesar dan paling populer saat ini, menyatakan bahwa mereka akan memprioritaskan situs-situs yang telah menggunakan SSL ( Sertifikat Digital) atau lebih mudahnya adalah situs yang sudah menggunakan HTTPS. Jadi dengan menggunakan HTTPS secara tidak langsung maka situs akan memiliki peluang lebih bear di hasil pencarian dibandingkan situs yang masih menggunakan HTTP saja.

Dengan keluarnya pernyataan Google tersebut, saat ini sudah banyak situs-situs yang mulai beralih dari HTTP ke HTTPS. Lalu gimana sih caranya mengalihkan HTTP ke HTTPS? oke mari kita bahas.

Note: Pastikan teman-tean sudah memiliki SSL ya, kalau tidak punya silahkan beli atau menggunakan versi free seperti Lets’encrypt

Cara Redirect dari HTTP ke HTTPS

Menggunakan Script/Code

Untuk melakukan redirect situs teman-teman dari HTTP menuju HTTPS silahkan tambahkan kode diawah ini ke file yang bernama .httaccess yang ada di root hosting teman-teman.

RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R,L]RewriteBase /

RewriteRule ^index.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

Setelah kode diatas ditambahkan pada file .httaccess silahkan simpan file tersebut, dan cobalah akses kembali situs teman-teman. Apabila situs teman-teman langsung teredirect atau teralihkan ke HTTPS maka selamat teman-teman sudah berhasil.

Menggunakan Bantuan Plugin

Jika teman-teman tidak ingin ekesulitan harus masuk cpanel dan memasukkan kode diatas, teman-teman juga bisa menggunakan bantuan plugin seperti Plugin Redirect 301. Hanya perlu install activated dan selesai.