Beberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengeluarkan kebijakan baru yakni setiap pengguna handphone harus melakukan registrasi ulang kartu prabayar menggunakan Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK) yang bisa Anda lihat di KTP dan nomor KK. Proses registrasi ulang ini terbilang mudah, namun untuk setiap operator memiliki format yang berbeda.

Untuk proses registrasi ulang kartu SIM prabayar pelanggan baru IndosatTelkomselXL Axiata, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren bisa dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 4444. Namun perlu diketahui, walaupun sama nomornya tapi tetap ada sedikit perbedaan format SMS.

Untuk pengguna operator Tri, Smartfren, dan Indosat, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS dengan format: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Kemudian untuk pengguna baru operator seluler XL Axiata bisa mengirimkan SMS dengan format: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Sedangkan untuk pengguna operator seluler Telkomsel bisa mengirimkan SMS dengan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Tapi apabila Anda merupakan pengguna lama operator Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren bisa melakukan daftar ulang karti SIM prabayar Anda dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Untuk proses registrasi ulang kartu SIM prabayar ini bisa mulai dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2017 mendatang. Ini adalah hal yang wajib dilaksanakan paling lambat hingga 28 Februari 2018.Pengguna lama dan baru diwajibkan untuk mendaftarkan NIK dan nomor KK mulai 31 Oktober 2017 mendatang.

Untuk Anda yang masih bingung cara registrasi ulangnya, Anda juga bisa langsung mengunjungi gerai, situs, atau aplikasi milik masing-masing operator. Apabila sampai tanggal yang telah ditentukan pengguna tidak melakukan registrasi ulang maka akan mendapatkan sanksi berupa “calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan nomor pelanggan lama akan diblokir secara bertahap.

So, kalau Anda warga negara yang baik, yuk segera registrasi ulang.