Curug Luhur, Tempat Wisata Alam Bogor Untuk Liburan Keluarga

Curug Luhur merupakan salah satu destinasi wisata di kabupaten Bogor, lokasinya tepat di kaki gunung salak. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang saya sendiri baru tahu, padahal lokasinya dekat sekali dengan rumah saya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor. Maklumlah, saya ini termasuk orang yang kurang piknik dan jarang update tempat wisata.

Pertama kali datang ketempat ini, saya disambut oleh suasana alam yang sangat sejuk, udara yang dingin dan tentunya nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Tempat ini juga sangat cocok buat teman-teman yang ingin menghilangkan jenuh, setress dan penat setelah seharian bekerja.

Wisata Alam Curug Luhur Bogor
Wisata Alam Curug Luhur Bogor

Harga Tiket Masuk Tempat Wisat Curug Luhur

Untuk masuk ke area wisata alam curug luhur, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 45.000,- + Rp 8.000 untuk parkir kendaraan jenis sepeda motor dan Rp 20.000 untuk kendaraaan jenis mobil. Diarea tempat wisata Anda bisa menyewa bale-bale untuk Anda beristirahat dan berkumpul seharga Rp 10.000,- saja lho, dan itu ukurannya sudah sangat mencukupi. Sebenarnya harga tiketnya terbilang agak mahal ya, mengingat tempat wisata lainnya yang memiliki fasilitas lebih, justru menawarkani harga yang sama.

Curug atau bahasa normalnya adalah air terjun biasanya membutuhkan usaha ektra untuk mencapainya, tapi untuk curug luhur ini Anda tidak perlu bersusah payah mencapai tempat ini. Akses ke tempat wisata di Bogor ini sangat mudah sekali.

Rute ke Curug Luhur

Kalau posisi Anda dari Kebun Raya Bogor, pertama-tama silahkan Anda menuju empang, kemudian dari situ Anda bisa naik angkutan umum nomor 03 yang menuju arah Ciapus. Sebetulnya angkutan umum ini tidak sampai lokasi wisata curug luhur, tetapi Anda bisa meminta supirnya mengantar ke tujuan, tentunya dengan sedikit menambah ongkos jalan ya.

Tetapi karena sekarang ini sudah banyak sekali ojek online, Anda bisa menggunakan jasa ojek online yang bertebaran agar lebih cepat dan tentunya lebih nyaman dibandingkan naik angkutan umum. Jika Anda merasa kesulitan atau merasa terlalu jauh menggunakan rute dari Kebun Raya Bogor, Anda juga bisa menggunakan rute kedua, yakni melalui Jalan Soleh Iskandar – Jalan Ciomas – Laladon – Simpang Pagelaran (belok kanan lurus) – Curug Luhur. Kalau dari segi jarak sama saja, hanya saja rute ini lebih nyaman karena tidak macet.

Ada Apa Saja di Curug Luhur?

Tidak berbeda dengan curug pada umumnya, yang namanya curug ya sudah tentu ada air terjunnya. Air terjun curug luhur ini sangat lah terjaga kebersihannya. Namun perlu diingat Anda tidak diperbolehkan berenang di area kolam yang berada persis dibawah air terjun. Di tempat wisata alam yang berada di kabupaten Bogor ini, Anda bukan hanya bisa menikmati keindahan air terjunnya saja.

Curug luhur memiliki konsep seperti waterpark lho, tersedia banyak sekali kolam dengan ukuran yang bervarisai serta memiliki kedalaman yang bervariasi juga, mulai dari kolam yang dalam hingga yang dangkal. Sehingga bukan orang dewasa saja yang bisa bermain air, tapi anak-anak juga bisa menikmati asyiknya bermain air di kolam.

Tersedia juga arena seluncuran (pelorotan) yang akan membuat aktifitas bermain air di tempat ini semakin asyik. Sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin memacu adrenalin. Oh ya, air di kolam – kolam yang berada di area curug luhur ini asli air pegunungan tanpa menggunakan bahan kimia seperti “kaporit” ya, jadi sudah pasti airnya itu dingin banget.

Setelah asyik bermain air, sudah tentu akan terasa lapar ya, nah Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan. Karena diarea tempat wisata ini juga tersedia beragam warung-warung makanan yang menjual aneka makanan seperti, bakso, soto mie bogor hingga aneka minuman mulai dari yang hangat sampai yang dingin. Soal harga? jangan takut, semua jajanan dan makanan yang dijual diarea ini cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda jebol kok.

Kekurangan Tempat Wisata Curug Luhur Bogor

Dari semua fasilitas yang ada, ada beberapa yang saya sangat sayangkang, yakni mengenai kebersihan. Kebersihan tempat ini kurang dijaga, seperti kebersihat toilet umumnya dan kebersihan di area peristirahatannya (bale-bale). Selain itu dari segi keamanan juga kurang diperhatikan, contohnya adalah area jalan yang menuju kebawah curug cukup licin karena berlumut, seharusnya bisa diperbaiki ya, mengingat harga tiket yang cukup tinggi.

Tapi secara keseluruhan, tempat ini sangat menyenangkan dan bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif buat Anda yang bosan berlibur ketempat-tempat wisata modern.

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

Leave a reply:

Your email address will not be published.