Di era yang serba menggunakan teknologi saat ini, social media marketing adalah sebuah langkah yang paling efektif. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hampir semua aktifitas saat ini dilakukan melalui media social, mulai dari mempromosikan produk sampai berbagai berita dibagikan dimedia social. Social Media Marketing dianggap cara paling ampuh saat ini juga dikarenakan  media social menawarkan luasnya jangkauan pasar tanpa perlu mengeluarkan budget pemasaran yang besar. Dibawah ini adalah infographic yang menunjukkan pertumbuhan pengguna social media terus meningkat, dan itu juga membuktikan social media marketing akan semakin efektif.

pertumbuhan pengguna social media

pertumbuhan pengguna social media

Tapi tidak banyak pula dari orang-orang yang menggunakan social media marketing mengalami kegagalan ketika melakukan hal tersebut. Mengapa bisa gagal? Hal tersebut terjadi dikarenakan mereka melupakan hal-hal kecil yang terkadang memberikan impact besar ketika melakukan pemasaran melalui media social. Nah apa sajakah hal-hal penting tersebut? Mar kita ulas.

Berikan Kualitas

Ketika kita melakukan pemasaran melalui social media, kualitas adalah hal paling utama yang harus kita tawarkan. Mengapa demikian? Ya karena ketika kualitas dari apa yang kita tawarkan sudah baik dan memuaskan maka semahal apapun produk kita pasti akan laku terjual. Berbeda hal apabila kita banyak sekali menggunakan kata-kata promosi yang menunjukkan kelebihan produk kita namun kenyataaanya berbanding terbalik dari kualitas produk yang kita jual.

Cobalah Dengarkan Konsumen

Untuk membuat aktifitas Social Media Marketing kita sukses, hal penting yang harus kita lakukan adalah mencoba mendengarkan konsumen. Cobalah dengarkan saran dan keinginan mereka akan produk seperti apa yang mereka inginkan. Nah hasil dari kita medengarkan konsumen tersebutlah yang akan menjadi materi penting ketika kita membuat konten dalam melakukan social media marketing nantinya. Jalinlah interaksi dan bangun trust konsumen Anda supaya upaya marketing kita semakin kuat.

Mungkin mendengarkan konsumen  terdengar sederhana, namun hal inilah yang terkadang menyulitkan kita. Karena memahami konsumen bukanlah hanya membutuhkan kepintaran saja, namun kita harus benar-benar menjalin hubungan yang lebih intim dengan konsumen kita.

Fokuslah Pada Target

Dalam melakukan Social Media Marketing cobalah lebih fokus pada target utama pasar kita. Jangan sekali-kali Anda berfikir untuk menguasai target pasar yang lebih luas ketika target utama Anda belum Anda kuasai. Berfikir untuk menguasai target pasar yang lebih luas memang tidak ada salahnya, namun hal tersebut akan menganggu fokus Anda dan membuat optimasi marketing Anda menjadi terpecah.

Jangan Bosan Untuk Sabar

Ketika Anda sudah berniat menggunakan social media sebagai sarana marketing, maka Anda juga harus tanamkan dalam hati dan pikiran Anda untuk bersabar lebih banyak lagi. Karena proses marketing menggunakan social media ini bukanlah hal mudah dan instan. Semuanya membutuhkan proses dan waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu poin sebelumnya, yakni mendengarkan konsumen adalah hal utama yang harus kita lakukan supaya upaya pemasaran menggunakan social media kita sukses.

Membangun Kerjasama

Hal terakhir yang harus kita lakukan agar upaya social media marketing kita sukses adalah dengan membangun kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah membangun kerja sama dengan para influencer. Apa itu influencer? Mereka adalah orang-orang yang memiliki akun media social serta memiliki pengaruh besar terhadap para pengikutnya di media social. Para influencer ini bisa kita ketahui seperti para artis, aktifis, atau praktisi dibidang tertentu yang sesuai dengan target market kita. Dengan menjalin kerjasama dengan mereka, maka mereka bisa membantu mempromosikan produk kita , dan kita juga akan menerima impact yang besar. Apa impactnya? Yakni percepatan dikenalnya produk kita oleh market yang kita target, tentunya yang sesuai dengan bisnis yang kita jalani.

Nah hal-hal diatas adalah yang perlu kita lakukan ketika kita memutuskan untuk menggunakan media social sebagai sarana marketing kita. Mungkin terdengar sepele, namun apabila kita benar-benar menerapkan hal tersebut diatas dengan baik dan benar, maka hasil dari social media marketing kita akan memberikan hasil yang benar-benar menguntungkan untuk bisnis kita.

Oh iya buat Anda yang ingin sekali menggunakan media social sebagai sarana pemasaran tapi belum punya keahliannya, jangan khawatir!  Anda bisa belajar Social Media Marketing di tangan ahlinya, yakni Dumet School. Di tempat ini kamu akan dibimbing langsung ahlinya, kamu tidak perlu ragu karena Dumet School sudah berhasil melahirkan orang-orang yang sukses. So tunggu apalagi, segera action dan dapatkan hasilnya.