Tips Mudah Mempercepat Loading Website Blog WordPress – Halo semua, kita sepakat bahwa WordPress adalah salah satu Blogging Platform terbaik. Bukan hanya sebagai media untuk blogging saja, bahkan bisa juga digunakan untuk membangun sebuah website toko online.

Kualitas WordPress sebagai platform membangun sebuah website tidak diragukan lagi. Banyak website-website besar menggunakan WordPress sebagai media website mereka. Sebut saja TechCrunch, The Verge dan The Huffington Post dan masih banyak lagi lainnya. Saya juga merupakan seorang pengguna WordPress.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi bersama teman-teman sedikit tips mudah mempercepat loading website blog WordPress. Mungkin teman-teman banyak bertanya, memang apasih gunanya mempercepat loading web kita?

Kenapa Website Blog WordPress Harus Cepat?

Perlu teman-teman ketahui bahwa, kecepatan loading sebuah website merupakan salah satu faktor penting. Apabila web kita cepat saat diakses otomatis informasi yang kita suguhkan kepada para pembaca juga akan dengan mudah diakses dan di terima.

Namun sebaliknya jika loading web kita lambat maka banyak kerugian yang bakal kit dapat. Contohnya begini, ketika ada seorang pembaca ingin membaca artikel di web kita yang menurutnya penting, namun loading dan akses ke web kita lambat sekali, maka pembaca tersebut hampir dipastikan akan segera meninggalkan website Anda. Ini merupakan sebuah kerugian bukan, karena pada dasarnya blog dibuat agar tulisan yang kita buat dapat dibaca oleh para pembaca.

Selain itu kecepatan loading suatu website juga merupakan salah saktu faktor penting untuk meningkatkan SEO ( Search Engine Optimization ). Google sendiri sebagai salah satu mesin pencari populer menempatkan kecepatan website sebagai salah satu acuan untuk memberikan nilai atau peringkat suatu website. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecepatan loading sebuah website adalah hal penting selain konten yang berkualitas.

Ini adalah Tips Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Saya akan sangat menjamin apabila teman-teman menerapkan tips ini, kecepatan website blog wordpress milik teman-teman akan meningkat.

1. Pilih Webhosting Berkualitas

Gunakan Webhosting Berkualitas untuk website blog wordpress Anda. Webhosting merupakan faktor penunjang yang penting untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah website. Semakin baik danberkualitas suatu webhosting maka semakin baik juga kecepatan loading sebuah website. Begitupn sebaliknya, apabila webhosting nya buruk maka kecepatan loading sebuah website pun akan semakin lambat. Apabila teman-teman butuh webhosting berkualitas teman-teman bisa klik link ini.

2. Gunakan Theme WordPress yang Ringan

Selain webhosting, theme wordpress juga merupakan faktor yang penting. Semakin berat theme WordPress Anda maka semakin lambat pula loading sebuah website. Begitu juga sebaliknya semakin ringan theme wordpress Anda maka semakn cepat juga loading website Anda.

3. Install Plugin Cache

Teman-teman juga bisa menginstall plugin cache untuk meningkatkan kecepatan loading website blog WordPress. Plugin Cache yang bisa teman teman pakai secara gratis contohnya adalah, WP Super Cache atau bisa juga W3 Total Cache. Atau jika teman-teman ingin lebih maksimal, teman-teman juga bisa menggunakan plugin yang berbayar seperti WP Rocket ( saya sangat merekomendasikan plugin ini, karena fungsinya sangat lengkap sekali dibandingkan dengan plugin cache lainnya ).

4. Optimize Image

Tips mempercepat loading website WordPress selanjutnya adalah dengan melakukan Optimisasi gambar. Semakin kecil ukuran gambar maka semakin baik pula kecepatan website. Untuk memperkecil ukuran gambar teman-teman bisa melakukannya secara manual atau menggunakan sebuah plugin.

Saya merekomendasikan teman-teman menggunakan plugin agar lebih efisien. Teman-teman bisa menggunaka plugin seperti WP Smush it, dengan plugin ini proses memperkecil ukuran gambar akan berjalan secara otomatis ketika teman-teman mengupload gambar ke website blog WordPress.

5. Optimize Hompage

Selanjutnya adalah melakukan optimisasi pada homepage, apa yang dimaksud dengan optimisasi pada homepage? jadi usahakan jangan terlalu banyak widget yang teman-teman munculkan di homepage web teman-teman. Gunakan widget yang dibutuhkan saja, dan smaksimal mungkin jangan gunakan plugin terlalu banyak. Gunakan yang benar-benar Anda butuhkan saja.

6. Pakai CDN ( Content Delivery Network )

Secara garis besar CDN atau jaringan pengiriman konten, mengambil semua file statis yang ada di situs Anda seperti CSS, Javascript dan gambar dll juga memungkinkan pengunjung dapat mendownloadnya secepat mungkin dengan melayani file tersebut pada server yang terdekat dengan lokasi pengunjung.

Nah itulah tips mudah mempercepat loading website blog wordpress. Teman-teman bisa langsung menerapkan tips diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.