Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

pantangan-diabetes

pantangan-diabetes

Pantangan Diabetes – Diabetes merupakan satu dari sekian banyak penyakit di Indonesia bahkan dunia yang menjadi penyebab kematian cukup besar. Untuk mencegah penyakit diabetes menjadi lebih parah, perlu adanya penanganan dini. Contohnya adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Seorang penderita diabetes, sangatlah harus untuk memilih asupan makanan yang tepat. Karena jika salah memilih, maka akibatnya cukup fatal. Dengan asupan makanan yang tepat, penderita diabetes dapat mengontrol gula darah dengan baik.

Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya kelainan metabolisme dalam tubuh yang mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Hal ini biasanya terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan baik, yang menimbulkan sel-sel dalam tubuh tidak peka terhadap insulin. Adanya insulin dalam tubuh sangatlah penting untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Ada beberapa gejala diabetes yang biasanya dialami oleh penderita diabetes yaitu, cepat merasa lapar, cepat haus, sering buang air kecil, mulut kering hingga pandangan menjadi kabur. Untuk mengatasi hal ini, pemilihan asupan makanan yang tepat adalah salah satu penanganan yang efektif. Selain itu bisa dengan pemberian obat-obatan dari dokter ataupun olahraga ringan secara teratur.

Pantangan Asupan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Pemilihan asupan makanan untuk penderita diabetes merupakan hal yang wajib dilakukan, guna mencegah kadar gula darah meningkat. Berikut ini beberapa pantangan yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes.

  • Makanan Mengandung Susu

Penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang mengandung susu, susu yang dimaksud adalah susu full cream, es krim, keju dan juga yoghurt. Meskipun demikian, penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung susu, contohnya adalah susu skim, yoghurt yang rendah lemak dan juga keju rendah lemak.

  • Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Untuk penderita diabetes konsumsilah sayuran segar dan hindarilah sayuran yang ditambahi saus ataupun mayones. Hindari juga sayuran kemasan (kalengan) yang memiliki kadar garam tinggi dan hindari mengkonsumsi acar terutama untuk Anda yang memiliki penyakit darah tinggi.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber penghasil tenaga. Namun untuk penderita diabetes ada baiknya hindari makanan berkarbohidrat seperti nasi putih, kentang goreng dan juga roti putih. Untuk mengganti makanan tersebut, penderita diabetes bisa mengkonsumsi makanan berkarbohidrat lainnya seperti, nasi beras merah, makanan biji-bijian, ubi yang dipanggang dan juga jagung.

  • Protein

Penderita diabetes juga sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging yang digoreng, makanan olahan dari kulit unggas, keju, tahu goreng dan juga ikan goreng. Untuk tetap mendapatkan asupan protein, penderita diabetes dapat mengganti dengan mengkonsumsi daging dada ayam yang sudah tidak ada kulitnya, ganti tahu goreng menjadi tahu kukus, kemudian ikang goreng menjadi ikan panggang, telur dan juga kacang-kacangan.

  • Minuman Buah-buahan

Hindari mengkonsumsi minuman buah yang memiliki kadar gula tinggi atau pemanis buatan. Gantilah dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Atau jika ingin jus, buatlah jus yang terbuat dari buah asli tanpa ditambah gula tau pemanis. Hindari juga minuman penambah energi, teh manis, kopi manis dan minuman beralkohol.

Apa Akibatnya Jika Penderita Diabetes Tetap Konsumsi Makanan yang Dipantang?

Apabila penderita diabetes tetap mengkonsumsi makanan yang dipantang, maka kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat dan menyebabkan berbagai macam komplikasi. Akibatnya pembuluh darah kecil dalam tubuh akan terluka dan menyebabkan fungsi untuk menyehatkan saraf tidak berjalan. Apabila kerusakan saraf sampai menyerang bagian pencernaan, maka penderita akan mengalami sembelit, dan diare.

Untuk mencegah semua hal itu terjadi, pemilihan asupan makanan sangat memiliki peranan yang penting. Dengan pemilihan asupan makanan yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil. Oleh karena itu perhatikan betul-betul asupan makanan Anda dan hindari pantangan makanan diabetes.

You May Also Like

Bayu Setiawan

About the Author: Bayu Setiawan

Blogger pengangguran yang punya banyak rencana dan ide.

1 Comment

    1. Halo mbak intan,

      Iya bener banget mbak, diebetes emang harus extra memperhatikan pola asupan makanan, kalau salah bisa fatal. Jadi yang belum mulai aware sama diabetes, dari sekarang harus mulai aware. Terutama buat yang suka konsumsi minum2an yang tinggi pemanis buatan.

      Thanks udah mampir di blog sederhana ini ya 🙂

      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.