Sebuah blog diibaratkan seperti buku, semakin sering diisi postingan maka semakin lama postingan itu semakin banyak. Nah biasanya kalau dalam sebuah buku yang punya banyak topik dan informasi, disediakanlah sebuah daftar isi, nah begitu pula dengan sebuah blog, untuk mempermudah pembaca, alangkah baiknya sebuah blog memiliki daftar isi atau sitemap. Lalu bagaimana cara membuat daftar isi blog wordpress dengan mudah?

Apabila teman-teman menggunakan CMS WordPress, maka teman-teman bisa menggunakan plugins PS Auto Sitemap. Plugin ini memiliki fungsi untuk menyusun daftar isi dari blog anda berdasarkan kategori dan judul, jadi nantinya pembaca yang mau mencari artikel yang dibutuhkan mereka tinggal masuk ke halaman sitemap dan mencari judul yang di inginkan untuk dibaca dengan mudah.

 

CARA MENGGUNAKAN PLUGIN PS AUTO SITEMAP WORDPRESS:

1. Pertama-tama silahkanteman-teman download Plugins PS Auto Sitemap WordPress

2. Install dan Aktifkan

3. Kemudian Masuk ke menu  Settings -> PS Auto Sitemap

USAGE

  • Post a page that will use as the sitemap page.
  • Insert following code in the content area. (Use HTML mode)
    <!– SITEMAP CONTENT REPLACE POINT –>
  • Define the sitemap’s ID at “PostID of the sitemap” field of the setings.

Teman-teman bisa lihat di Usage no 2, di poin nomor dua , teman-teman diperintahkan untuk meng-copy tag tersebut ke sebuah page baru, dan jangan lupa waktu paste tag tersebut dalam keadaan mode text seperti gambar dibawah ini.

Setting-Plugin-Auto-Sitemap

Setelah halaman baru tadi teman-teman publikasi, silahkan lihat url setelah post= , ID inilah yang harus anda masukkan ke setting ID.

setting-PS-AUto-Sitemap

Nah, itulah tutorial membuat daftar isi blog wordpress menggunakan plugin PAS Auto Sitemap. Semoga bermanfaat 🙂